6 Komponen ID Card yang Wajib Tercantum dalam ID Card

  • Whatsapp

Peran ID Card yang begitu penting, tentu dibarengi dengan komponen yang termuat di dalamnya. Tanpa adanya komponen tersebut, ID Card hanya sebuah kartu berisi nama dan tidak memberikan informasi detail. Artikel ini, akan mengulas komponen ID Card yang wajib tercantum.

6 Komponen ID Card yang Wajib Tercantum dalam ID Card

Komponen yang harus ada di dalam sebuah ID Card antara lain logo perusahaan, foto pemilik, kode data, dan masih banyak lainnya. Uraian lengkap mengenai komponen yang wajib termuat pada sebuah ID Card dapat disimak secara cermat pada paparan berikut:

1. Logo Perusahaan

Logo perusahaan adalah komponen ID Card yang penting dan wajib ada. Tercantumnya logo perusahaan dalam sebuah ID Card, bertujuan untuk memudahkan klien maupun mitra perusahaan ketika mengadakan pertemuan di luar perusahaan.

Bukan itu saja, logo perusahaan juga menandakan profesionalitas perusahaan. Maka, perusahaan pun akan dinilai baik oleh mitra ataupun klien yang hendak bekerjasama.

2. Foto Pemilik ID Card

Komponen kedua yang penting dan perlu dimasukkan pada ID Card adalah foto pemilik ID Card. Komponen ini, akan memudahkan mesin sensor ID Card untuk memindai informasi terkait pemilik kartu. Selain itu, foto juga berfungsi untuk mengenali pegawai dari divisi berbeda.

Fungsi lainnya adalah memudahkan pihak keamanan perusahaan, ketika akan memeriksa kartu. Sebab, mereka hanya perlu mencocokkan foto yang tertera di ID Card dengan pemilik yang memakai ID Card tersebut.

3. Kode Data

Semakin canggihnya teknologi, memungkinkan data-data pribadi disimpan dalam sebuah kode khusus. Begitu pula dengan ID Card, yang mana di dalamnya memuat komponen berupa kode data penting yang disimpan dalam chip.

Kode ini nantinya bisa dipindai oleh mesin sensor ketika presensi. Kode juga bisa disimpan dalam panel hitam pada sebuah ID Card. Hal itu, tergantung dari jenis ID Card yang digunakan oleh perusahaan.

4. Informasi Pribadi Pemilik

Komponen berikutnya yang juga penting di dalam rangkaian komponen ID Card adalah informasi pribadi pemilik. Ruang ID Card terbatas, sehingga hanya bisa mencantumkan informasi pribadi yang penting berupa nama, divisi, serta jabatan. Informasi lainnya disimpan dalam bentuk kode pada chip.

Beberapa perusahaan juga mengharuskan pegawainya untuk membubuhkan tanda tangan pada ID Card. Sejatinya, informasi pribadi tersebut tergantung kepada kebijakan masing-masing perusahaan. Kebijakan suatu perusahaan, bisa berbeda dengan perusahaan lainnya.

5. Desain ID Card

Komponen yang juga tergolong penting dalam sebuah ID Card adalah desain ID Card. Desain bukan hanya sebagai hiasan semata, tetapi juga menunjukkan karakteristik perusahaan. Oleh karena itu, buatlah desain ID Card yang unik, atraktif, dan juga memuat ciri khas perusahaan.

Tujuannya adalah supaya orang di luar perusahaan, bisa segera mengenali perusahaan tersebut. Desain yang selaras dengan kepribadian perusahaan, juga menunjukkan konsistensi perusahaan dan spirit yang perusahaan emban. Maka, orang pun akan segan dan menghargai perusahaan terkait.

6. Bentuk ID Card

Terakhir, komponen ID Card yang penting adalah bentuk ID Card, apakah hendak ditampilkan dalam bentuk horizontal atau vertikal. Bentuk ini erat kaitannya dengan penggunaan ID Card, sebab ada yang penggunaannya dengan digesek dan ada yang ditempelkan pada sensor.

Apabila mesin presensi perusahaan digunakan dengan cara digesek, ada baiknya pakai ID Card yang berbentuk horizontal. Sementara itu, jika penggunaan ID Card adalah dengan ditempelkan pada sensor, gunakan bentuk vertikal.

Demikian ulasan mengenai komponen ID Card yang wajib diketahui. Komponen yang sudah diuraikan di atas, merupakan komponen utama dari sebuah ID Card. Jadi, seandainya dijumpai komponen tambahan yang berbeda antara perusahaan tertentu dengan perusahaan lainnya adalah sebuah bentuk kewajaran.

Sumber: Blogpress

Baca juga: ukuran id card

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.